Kanty K. Nugroho

Story, Note, Hope, and Dream

Tantangan Anak Suka Membaca #1

0

Tantangan Bunsay kali ini sudah tidak asing dengan keseharian keluarga kami. Sejak Teteh bayi, kami sudah mengajak Teteh berkenalan dengan buku. Setiap tgl 27 setiap bulan (kami menyebutnya ulang bulan, karena tgl tsb adl tgl lahirannya Teteh) kami membelikan buku sebagai hadiah ulang bulan, di tanggal yang sama juga biasanya jadwal kami pergi ke toko buku.

Alhamdulillah hal ini cukup konsisten kami lakukan, minimal setiap bulan ada 1 buku baru untuk Teteh dan 1 kali ke toko buku, jika tidak ada halangan hal ini kami lakukan di tanggal 27. Bulan ini kami menjadwalkan ke toko buku dan membeli buku lebih cepat, karena di tanggal 27 jadwal kami agak padat. Dan bulan ini kami sudah 3x ke toko buku dan Teteh sudah mendapatkan 3 buku baru, saya & pampam membeli 1 buku baru.

Jadwal membaca saya dan Teteh sehari minimal banget 1x, ketika Teteh akan tidur. Biasanya bisa 2-3x. Di pagi hari, siang hari dan malam, seperti makan obat :). Jadwal membaca dengan pampam memang belum rutin, karena kesibukan beliau. Tapi sebetulnya di keluarga kami yang paling banyak membaca adalah pampamnya.

Jadwal saya membaca biasanya disela2 kesibukan, via gadget, tapi karena fast reading biasanya yang terserap hanya sedikit :(. Baru di weekend saya memiliki waktu yang lebih banyak untuk membaca novel atau buku lainnya.

Untuk membaca, saya memang kalah dari Teteh, hari ini saja Teteh sudah membaca 5 buku, saya belum sempat membaca apa2 :(, karena ada banyak kesibukan. Saya harus belajar untuk bisa mencuri waktu untuk membaca lebih banyak dan efektif.

Pohon literasi kami buat sementara menggunakan boneka bunga yang ada, karena beberapa hari ini saya dan Teteh akan berada di luar rumah, akan ke rumah kakeknya dan ke rumah wawanya di luar kota. Pampamnya sedang di luar negri. Sehingga saya memilih untuk membuat ‘pohon literasi’ yg mudah dibawa2. Entah kenapa jadwal tantangan suka bersamaan dengan jadwal trip ke luar kota :).

Tantangan yang saya hadapi di tantangan kali ini adalah bagaimana menyiapkan buku2 yg cukup untuk dibawa selama trip. Biasanya saya meminta Teteh memilih buku juga mainan yang ingin dibawa selama trip. Tapi sepertinya kali ini saya harus mengakalinya dgn membawa buku yg isinya beberapa cerita, agar bawaan tidak terlalu berat. Saya sendiri kemungkinan hanya membawa 1 novel.

#GameLevel5 #Tantangan10Hari #KuliahBunsayIIP #ForThingstoChangeIMustChangeFirst #Bunda Sayang #IbuProfesional #IIP

So, what do you think ?