Kanty K. Nugroho

Story, Note, Hope, and Dream

Tantangan Kompro Hari Ke#4

0

Pagi ini menjadi pagi yang cukup menantang, karena kami sekeluarga harus pergi lebih awal dari biasanya. Kalau dulu saya masih bisa angkut Kiriya tanpa mandi, tapi karena sekarang saya sedang melatih disiplin, sehingga sebelum berangkat sebisa mungkin Kiriya harus mandi dulu.

Alhamdulillah pagi ini Kiriya tidak kesiangan bangun (meskipun semalam tidurnya agak telat), mungkin karena semalam saya sudah mengingatkan Kiriya, jika besok kita akan berangkat pagi. Tinggal mengakali urusan mandinya, karena harus bisa mandi lebih awal dari biasanya. Jadwal pagi Kiriya adalah bermain, hariĀ ini jam bermainnya harus dipangkas, maka perlu strategi yang jitu.

Komunikasi yang cocok untuk kasus ini, menurut saya adalah Ganti Perintah dengan Pilihan. Saya memberikan pilihan: untuk bernyanyi (Kiriya sedang suka mainan ‘stand mic’) sebentar lalu mandi atau bermain air di kamar mandi sambil mandi. Kiriya pun bernegosiasi, mau nyanyi sebentar lalu main di kamar mandi. Karena saya pun harus berempati (karena sudah mengambil jatah main paginya), maka saya pun setuju asal nyanyinya hanya 1 menit.

Alhamdulillah Kiriya sudah mulai mengerti waktu, setelah nyanyi sebentar (bahkan kurang dari 1 menit), ia pun langsung bergegas ke kamar mandi. Yes, jadi bisa berangkat on time :).

#level1

#day4

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

So, what do you think ?