Kanty K. Nugroho

Story, Note, Hope, and Dream

Tantangan KomPro Hari ke#2 

0

Salah satu tantangan dalam Komunikasi Produktif adalah pengendalian emosi. Jika kita tidak bisa mengendalikan emosi, kemungkinan besar kalimat yang nantinya terucap menjadi tidak produktif dan bisa jadi tidak menyelesaikan masalah.

Tadi pagi setelah Kiriya mandi, ia minta saya yang memilihkan bajunya (biasanya Kiriya akan memilih sendiri bajunya). Saya tunjukkan baju yang saya pilih, dan memintanya untuk pakai bajunya, tapi sepertinya baju yang saya pilih belum sesuai dengan harapannya, sehingga ia menolak memakai baju yang saya pilih. Saya tidak ingin memaksakan, sehingga saya tanya, ‘Kiriya mau pilih baju sendiri atau Mamam (saya) yang pilihkan?’.  Kiriya jawab ‘Mamam’.

Dengan cara yang pertama tidak berhasil, saya coba tawarkan 2 pilihan baju, dan meminta Kiriya memilih salah satunya. Namun ia tetap menolak pilihan saya, ‘bukan yang itu’. Saya tanyakan kembali, ‘Kiriya mau pilih baju sendiri atau Mamam yang pilih?’, jawaban Kiriya masih sama, ‘Mamam’.

Saya ulangi hal yang sama, hasilnya tetap sama. Emosi saya mulai meningkat, karena sudah hampir semua baju saya tawarkan dan jadinya banyak waktu terbuang hanya untuk memilih baju. Tapi saya tetap berusaha tenang.

Lalu saya minta Kiriya untuk memikirkan dan memilih salah satu baju dari 2 pilihan baju. ‘Silakan Kiriya pikirkan dulu mau pakai baju pink atau kitty. Kiriya bisa panggil Mamam kalau sudah pilih baju yang mana’, sambil menggunakan teknik eye contact, nada tetap rendah.

Kiriya mulai merengek, tapi akhirnya ia memilih bajunya dan meminta tolong dikenakan bajunya. Alhamdulillah, akhirnya berhasil juga :).

 #level1

#day2

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

So, what do you think ?