Kanty K. Nugroho

Story, Note, Hope, and Dream

Tantangan KomPro Hari Ke-1

0

Sepuluh hari kedepan, Insya Allah blog ini akan dihiasi tentang pengalaman saya yang sedang belajar Komunikasi Produktif (KomPro). Kebetulan saat ini saya sedang mengikuti kelas Bunda Sayang IIP. 

Ada 10 cara berkomunikasi produktif, saya mencoba menerapkan KISS (Keep Information Short and Simple) ketika berkomunikasi dengan Kiriya. 

Kiriya sedang dalam pemulihan dari sakitnya (hampir 2 minggu harus bedrest di rumah). Semenjak Kiriya sakit, saya berusaha untuk lebih tegas, mendisiplinkan Kiriya terkait makan & minum obat, strateginya adalah dengan memberitahukan jadwalnya. 

Ketika sudah dekat dengan waktu makan, saya segera sampaikan ‘Nak, 10 menit lagi Kiriya harus sarapan dan minum obatnya.’ Awalnya tidak mudah, saya harus mengucapkan hal tersebut beberapa kali, bahkan dari 30 menit sebelumnya, berkurang sedikit2.. menjadi ’10menit lagi ya, ‘5 menit lagi ya’, ‘1 menit lagi’… namun lama kelamaan, Alhamdulillah komunikasi seperti ini cukup berhasil, short and simple. Hanya 1x dikomunikasikan, Kiriya langsung menjawab OK. 

Hari ini karena mungkin sedang ‘mamayu’, Alhamdulillah tidak ada masalah tentang makan, Kiriya malah minta makan duluan sebelum disuruh dan makannya juga selalu habis. Hampir semua hal yang saya komunikasikan dapat diterima dan dilakukan Kiriya dengan baik. 

#level1

#day1

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

So, what do you think ?