Kanty K. Nugroho

Story, Note, Hope, and Dream

Tantangan Kemandirian Hari ke 1

0

Sepuluh hari kedepan Insya Allah blog ini akan menceritakan proses melatih kemandirian Kiriya. Ini merupakan tantangan game level 2 dari kelas Bunsay IIP. 

Alhamdulillah, Kiriya sudah bisa melakukan banyak hal sendiri (makan, mandi, sikat gigi, memakai sandal, menyisir dll)  tapi beberapa hal memang belum sempurna dan ada beberapa yang belum bisa konsisten dilepas. 

Jika ditanyakan ingin melatih Kiriya apa saja, sebenarnya banyak, tapi untuk tantangan ini, hal pertama yang saya ingin latih untuk kemandirian Kiriya adalah bisa memilih dan memakai baju sendiri. 

Untuk memilih baju, Kiriya sudah cukup mahir dan bisa membedakan mana baju tidur, baju main dan baju pergi (kami biasa menyebutnya baju cantik). Namun kadang masih ingin dipilihkan oleh saya. 

Kami memiliki tempat baju yang terdiri dari beberapa laci yang pintunya berwarna warni. Lacinya sangat mudah dibuka, ditutup dan yang terpenting mudah digapai oleh Kiriya. Pintu warna warni ini sangat membantu, untuk memilah baju-baju.

Setelah mandi tadi pagi, saya minta Kiriya memilih baju sendiri. Dengan sigap, Kiriya membuka laci dan memilih baju cantik yang bergambar kelinci (kelinci salah satu binatang favorit Kiriya). Yes, berhasil. 

Namun ketika diminta mengenakan bajunya sendiri, Kiriya masih enggan dan meminta bantuan saya untuk menolongnya. Karena mintanya dengan baik-baik, maka saya bantu Kiriya mengenakan bajunya. Dan kebetulan hari ini saya juga agak buru-buru harus pergi. Hari ke1 tantangan ini masih gagal. Besok dicobakan lagi. 

Tapi hari ini ada yang membuat saya senang dan bahagia, karena Kiriya sudah bisa memakai sepatu sandal sendiri, sepatu sandal yang dipilih yang bentuk kelinci, sehingga cocok dengan bajunya. 

Berikut beberapa foto tadi pagi.

#level2

#bunsayiip

#melatihkemandirian

#tantangan10hari

So, what do you think ?