Kanty K. Nugroho

Story, Note, Hope, and Dream

Kitty Trip #3 Pasar Klewer-Balekambang-Go Tik Swan

0

Hari ini waktunya berjalan-jalan di Solo. Ada banyak tempat menarik di Solo, namun beberapa tempat yang ingin didatangi agak jauh dan tidak sesuai dengan jadwal. Sehingga target hari ini adalah belanja batik di pasar klewer, ke taman balekambang memberi makan rusa, dan ke satu tempat untuk belajar batik (teman kami yang mengajak).

Pasar klewer ternyata cukup besar, hampir semua berjualan baju batik, namun ada juga tas batik, mukena batik dll. Di lantai paling atas ada tempat makan dan tempat jualan oleh2. Untuk harga ada beberapa pilihan mulai dari yang murah hingga yang cukup mahal. Yang mahal tentu kualitasnya lebih bagus dan biasa ya batik tulis. Kalau rajin memutar-mutar bisa mendapatkan batik yang murah dan bagus.

Taman Balekambang, taman di tengah kota Solo. Fasilitasnya ada museum, tentunya taman yang luas, ada danau dan ada juga tempat khusus melihat reptil. Di tempat ini terlihat rusa, angsa berjalan bebas, sehingga pengunjung bisa memberi makan rusa dan bermain dengan rusa. Namun tetap harus berhati-hati. Karena terdapat tulisan yang menganjurkan untuk berhati-hati dengan tanduk rusa. Sayangnya tempat ini kurang terpelihara, dan ada angsa, rusa yang harus ‘makan’ sampah plastik. Kami sempat menaiki kereta kecil untuk memutari tempat ini.

Go Tik Swan. Tempat pembuatan batik ini hanya bisa dikunjungi jika kita memiliki akses. Beruntung kami diajak teman kami. Dari depan hanya sebuah rumah biasa, namun jika kita masuk, seperti berada di dalam sebuah komplek. Di dalamnya terdapat bangunan joglo tertua, ruangan2 untuk membuat batik dari proses awal hingga akhir. Ada juga tempat khusus pembuatan keris. Harga 1 kain batik di sini bisa mencapai 500rb. Kualitas dan motif nya bagus2 kebanyakan memang motif2 kuno yg memiliki arti sendiri. Setiap kain batik di sini merupakan karya seni, karena semuanya dikerjakan dengan tangan. Bahkan untuk menjadi pembatik ditempat ini melalui seleksi yang ketat. Sayang kami datang di sore hari, sehingga tidak bisa melihat seluruh prosesnya.

So, what do you think ?