Kanty K. Nugroho

Story, Note, Hope, and Dream

Aliran Rasa Tantangan Kemandirian

0

Melatih kemandirian anak memang tidak bisa dilakukan secara instan, diperlukan proses yang panjang, konsistensi dan kesabaran.

10 hari melatih kemandirian Teteh untuk memilih dan mengenakan baju sendiri ternyata belum cukup, namun saya terus berusaha melakukannya secara konsisten, Alhamdulillah pelan-pelan Teteh tau kalau ia harus bisa melakukannya sendiri.

Alhamdulillah beberapa kali Teteh bilang bahwa ‘Teteh bisa sendiri’. Tidak hanya ketika mengenakan bajunya, tapi juga pada hal-hal lainnya. Teteh mulai bisa menyelesaikan masalahnya sendiri.

Tentunya ada naik turunnya, apalagi ketika anak kita sakit. Tapi saya selalu coba konsisten mengajak Kiriya untuk selalu melatih kemandirian di berbagai kondisi, tentunya tidak memaksakan. Jika dirasa ia tidak mampu tentu kita pun harus mentolerir namun jangan hingga terlena, di kesempatan berikutnya latih kembali kemandiriannya.

Terkadang saya juga suka memberikan reward, yang berbeda-beda. Reward berupa kecupan, pelukan juga bisa sangat efektif untuk memotivasi Teteh melatih kemandiriannya.

Terima kasih fasilitator IIP juga rekan2 semua, yang selalu memberikan inspirasi untuk saya. Oya, karena Alhamdulillah di tantangan kemandirian ini saya bisa konsisten setor 10 artikel tepat waktu, dapet badge lucu dari IIP.

Ditulis di kereta menuju Jakarta.

#level2

#bunsayiip

#melatihkemandirian

So, what do you think ?